RPP Transformasi kelas IX


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP – 05)

Sekolah                          : SMP Tangsel
Mata Pelajaran             : Matematika
Kelas/Semester             : IX (Sembilan) / 1
Materi Pokok               : Transformasi  
Alokasi Waktu             : 15 x 40 menit

A.       Komptensi Inti (KI)
KI-1     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya.
KI-2     Menunjukan  perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
KI-3     Memahami pengetahuan (faktual, konseptual dan procedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait, fenomena dan kejadian tampak mata.
KI-4     Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkrit (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar dan mengarang) yang sesuai dengan yang dipelajari di sekolahdan sumber belajar lain yang sama dalam sudut pandang/teori.

B.        Kompetensi Dasar (KD) dan Indikator Pencapaian Kompetensi
           Kompetensi Dasar (KD)
Indikator Pencapaian Kompetensi
3.5.   Menjelaskan transformasi geometri (refleksi,  translasi, rotasi, dan dilatasi) yang dihubungkan dengan  masalah kontekstual
.


3.5.1        Menggambar bayangan hasil pencerminan suatu benda
3.5.2        Menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
3.5.3        Menjelaskan definisi  translasi, pada suatu benda.
3.5.4        Menentukan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda.
3.5.5        Menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius
3.5.6        Menentukan apakah suatu dilatasi termasuk pembesaran atau pengecilan
3.5.7        Menentukan faktor skala untuk suatu dilatasi yang diberikan.
3.5.8        Menjelaskan langkah-langkah mendapatkan bayangan benda hasil transformasi berulang
4.5   Menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan transformasi geometri (refleksi, translasi, rotasi, dan dilatasi)
4.5.1       Mempraktekan masalah kontekstual materi  transformasi dengan menggunakan Jaring  koordinat.

C.       Tujuan pembelajaran
Pertemuan I :
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui Discovery Learning Peserta didik dapat :.
3.5.1        Menggambar bayangan hasil pencerminan suatu benda
3.5.2        Menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
Pertemuan II :
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui Discovery Learning Peserta didik dapat :.
3.5.3        Menjelaskan definisi  translasi, pada suatu benda.
3.5.4        Menentukan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda
Pertemuan III :
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui Discovery Learning Peserta didik dapat :.
3.5.5        Menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius

Pertemuan IV :
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui Discovery Learning Peserta didik dapat :.
3.5.6        Menentukan apakah suatu dilatasi termasuk pembesaran atau pengecilan
3.5.7        Menentukan faktor skala untuk suatu dilatasi yang diberikan

Pertemuan V :
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui Problem Based Learning Peserta didik dapat :.
3.5.8        Menjelaskan langkah-langkah mendapatkan bayangan benda hasil transformasi berulang

Pertemuan VI :
Setelah mengikuti proses pembelajaran melalui Projec Based Learning Peserta didik dapat :.
Mempraktekan masalah kontekstual materi  transformasi dengan menggunakan Jaring  koordinat.
Fokus Penguatan Karakter:
·         Religius
·         Teliti
·         Kejujuran
·         Kerjasama

D.       Materi Pembelajaran
1.       Materi Pembelajaran Reguler
a.          Pencerminan (Refleksi)
b.         Pergeseran (Translasi)
c.          Rotasi
d.         Dilatasi

2.       Materi Pembelajaran Pengayaan
Membahas Soal Soal Hots Yang berkaitan dengan materi Transformasi

3.       Materi Pembelajaran remedial
a.         Rotasi

E.        Metode Pembelajaran
Pertemuan 1         :           Model Discovery Learning (DL)
Pertemuan 2         :           Model Discovery Learning (DL)
Pertemuan 3         :           Model Discovery Learning (DL)
Pertemuan 4         :           Model Discovery Learning (DL)
Pertemuan 5         :           Model Problem Based Learning (PBL)
Pertemuan 6         :           Model Projec Based Learning (PjBL)

F.        Media dan Bahan
1.    Media pembelajaran      :          Video /Online
2.    Alat/Bahan                   :           Lembar Kerja, Bahan Ajar       

G.       Sumber Belajar                :          
a.     Buku siswa: Abrdurahman As’ari dkk.. Tahun. 2016. Matematika SMP semester 1. Jakarta: Kemendikbud. Halaman 136 - 198
b.    https://www.rumusmatematika.org

H.       Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran

Pertemuan ke-1 (3 x 40 menit / 3JP) dengan menggunakan Discovey Learning

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan


Apersepsi dan Motivasi
1.    Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar ( meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru memberi salam dan mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan  materi yang akan dibahas. yaitu 1)Menggambar bayangan hasil pencerminan suatu benda.2)Menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
4.    Guru Memberikan gambaran awal tentang transformasi yang ada hubungannya dengan kehidupan nyata
5.    Guru bertanya dan meminta peserta didik mencari informasi tentang 1)Menggambar bayangan hasil pencerminan suatu benda.2)Menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing- masing
6.    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran
7.    Peserta didik menerima informasi tentang metode penilaian yang akan dilaksanakan yaitu penilaian (pengetahuan)
8.    Peserta didik menerima informasi tentang kegiatan pembelajaran yang  akan dilaksanakan yaitu dengan Model Discovery Learning (diskusi kelompok dan latihan individu)
9.    Guru memberikan informasi bahwa untuk mengisi LK dengan  kegiatan diskusi kelompok, Peserta didik harus mengamati dahulu bahan ajar atau buku siswa hal 136 – 149
10. Guru  menginformasikan  bahwa LK dapat terisi jika dikerjakan dengan cara kerja sama yang baik, tidak mementingkan  keinginan sendiri, dan  bertanggung jawab.

10 menit
Kegiatan inti

60 menit
1.       Merumuskan pertanyaan

1.    Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
2.    Peserta didik memperhatikan dan mengamati  LK yang diberikan guru (LK  berisi petunjuk untuk menemukan dan membuktikan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius).
3.    Guru membimbing dan memberikan pertanyaan terkait dengan Pencerminan : Bagaimana cara menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada kordinat kartesius?

2.       Merencanakan
4.      Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius  dengan cara  melengkapi tabel 
5.    Peserta didik melakukan , mengidentifikasi dan menganalisis LK yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK.

3.         Mengumpulkan data dan Menganalisis data

6.    Peserta didik  dalam kelompok melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK :
·     Untuk menemukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
7.         Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali model yang lainnya
8.         Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama


4.    Menarik kesimpulan
9.         Dengan bimbingan guru , peserta didik diarahkan untuk menarik simpulan-simpulan dari jawaban-jawaban yang didapat dari LK.


5.    Aplikasi dan tindak lanjut

10.     Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentang penemuan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius dari hasil data yang telah diolah.
11.     Perwakilan beberapa kelompok  mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan tentang pembuktian koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
12.     Guru dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi , memberikan tambahan informasi ataupun tanggapan lainnya.


Kegiatan Penutup
Penutup
1.       Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan Guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.       Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam Menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
3.       Peserta didik diinformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu Translasi ( Pergeseran)
4.       Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan maupun mencari di internet
10 menit

Catatan :    garis miring merah = PPK
                   Cetak tebal = Literasi
                   Garis bawah = 4C (kritis, kreatif, kolaboratif,komunikatif)


Pertemuan ke-2 (3 x 40 menit / 3JP) dengan menggunakan Discovey Learning

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan


Apersepsi dan Motivasi
1.    Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar ( meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru memberi salam dan mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan  materi yang akan dibahas. yaitu 1)Menggambar bayangan hasil pencerminan suatu benda.2)Menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
4.    Guru Mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu Menentukan koordinat bayangan hasil pencerminan pada koordinat kartesius
5.    Guru bertanya dan meminta peserta didik mencari informasi tentang 1)Menjelaskan definisi  translasi, pada suatu benda. 2) Menentukan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing- masing
6.    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran
7.    Peserta didik menerima informasi tentang metode penilaian yang akan dilaksanakan yaitu penilaian (pengetahuan)
8.    Peserta didik menerima informasi tentang kegiatan pembelajaran yang  akan dilaksanakan yaitu dengan Model Discovery Learning (diskusi kelompok dan latihan individu)
9.    Guru memberikan informasi bahwa untuk mengisi LK dengan  kegiatan diskusi kelompok, Peserta didik harus mengamati dahulu bahan ajar atau buku siswa hal 152 – 161
10. Guru  menginformasikan  bahwa LK dapat terisi jika dikerjakan dengan cara kerja sama yang baik, tidak mementingkan  keinginan sendiri, dan  bertanggung jawab.

10 menit
Kegiatan inti

60 menit
1.          Merumuskan pertanyaan

1.       Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
2.         Peserta didik memperhatikan dan mengamati  LK yang diberikan guru (LK  berisi petunjuk untuk menemukan dan membuktikan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda).
3.         Guru membimbing dan memberikan pertanyaan terkait dengan Translasi : Bagaimana cara menentukan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda?

2.       Merencanakan
4.         Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda dengan cara  melengkapi tabel 
5.         Peserta didik melakukan , mengidentifikasi dan menganalisis LK yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK.


3.         Mengumpulkan data dan Menganalisis data

6.         Peserta didik  dalam kelompok melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK :
·     Untuk menemukan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda
7.         Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali model yang lainnya
8.         Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama


4.    Menarik kesimpulan
9.         Dengan bimbingan guru , peserta didik diarahkan untuk menarik simpulan-simpulan dari jawaban-jawaban yang didapat dari LK.


5.    Aplikasi dan tindak lanjut

10.      Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentang penemuan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda dari hasil data yang telah diolah.
11.      Perwakilan beberapa kelompok  mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan tentang pembuktian pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda
12.      Guru dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi , memberikan tambahan informasi ataupun tanggapan lainnya.


Kegiatan Penutup
Penutup
1.       Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan Guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.       Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam Menentukan pasangan bilangan hasil translasi yang menggerakan suatu benda
3.       Peserta didik diinformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu Rotasi ( Perputaran)
4.       Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan maupun mencari di internet
10 menit


Pertemuan ke-3 (2 x 40 menit / 2JP) dengan menggunakan Discovey Learning

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan


Apersepsi dan Motivasi
1.       Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar ( meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.    Guru memberi salam dan mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.    Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan  materi yang akan dibahas. yaitu Menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius
4.    Guru Mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu Menentukan koordinat bayangan hasil translasi pada koordinat kartesius
5.    Guru bertanya dan meminta peserta didik mencari informasi tentang 1) Menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing- masing
6.    Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran
7.    Peserta didik menerima informasi tentang metode penilaian yang akan dilaksanakan yaitu penilaian (pengetahuan)
8.    Peserta didik menerima informasi tentang kegiatan pembelajaran yang  akan dilaksanakan yaitu dengan Model Discovery Learning (diskusi kelompok dan latihan individu)
9.    Guru memberikan informasi bahwa untuk mengisi LK dengan  kegiatan diskusi kelompok, Peserta didik harus mengamati dahulu bahan ajar atau buku siswa hal 162 – 169
10. Guru  menginformasikan  bahwa LK dapat terisi jika dikerjakan dengan cara kerja sama yang baik, tidak mementingkan  keinginan sendiri, dan  bertanggung jawab.

10 menit
Kegiatan inti

60 menit
1.         Merumuskan pertanyaan

1.       Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
2.         Peserta didik memperhatikan dan mengamati  LK yang diberikan guru (LK  berisi petunjuk untuk menemukan dan membuktikan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius).
3.         Guru membimbing dan memberikan pertanyaan terkait dengan rotasi : Bagaimana cara menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius?

2.       Merencanakan
4.         Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius dengan cara  melengkapi tabel 
5.         Peserta didik melakukan , mengidentifikasi dan menganalisis LK yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK.


3.         Mengumpulkan data dan Menganalisis data

6.         Peserta didik  dalam kelompok melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK :
·     Untuk menemukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesiu
7.         Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali model yang lainnya
8.         Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama


4.    Menarik kesimpulan
9.         Dengan bimbingan guru , peserta didik diarahkan untuk menarik simpulan-simpulan dari jawaban-jawaban yang didapat dari LK.


5.    Aplikasi dan tindak lanjut

10.      Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentang penemuan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius dari hasil data yang telah diolah.
11.      Perwakilan beberapa kelompok  mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan tentang pembuktian koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius
12.      Guru dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi , memberikan tambahan informasi ataupun tanggapan lainnya.


Kegiatan Penutup
Penutup
1.       Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan Guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.       Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam Menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius
3.       Peserta didik diinformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu dilatasi ( Perkalian)
4.       Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan maupun mencari di internet
10 menit


Pertemuan ke-4 (2 x 40 menit / 2JP) dengan menggunakan Discovey Learning

Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan


Apersepsi dan Motivasi
1.         Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar ( meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.         Guru memberi salam dan mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.         Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan  materi yang akan dibahas. yaitu Menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius
4.         Guru Mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu Menentukan koordinat bayangan hasil rotasi pada koordinat kartesius
5.         Guru bertanya dan meminta peserta didik mencari informasi tentang 1) Menentukan apakah suatu dilatasi termasuk pembesaran atau pengecilan. 2) Menentukan faktor skala untuk suatu dilatasi yang diberikan dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing- masing
6.         Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran
7.         Peserta didik menerima informasi tentang metode penilaian yang akan dilaksanakan yaitu penilaian (pengetahuan)
8.         Peserta didik menerima informasi tentang kegiatan pembelajaran yang  akan dilaksanakan yaitu dengan Model Discovery Learning (diskusi kelompok dan latihan individu)
9.         Guru memberikan informasi bahwa untuk mengisi LK dengan  kegiatan diskusi kelompok, Peserta didik harus mengamati dahulu bahan ajar atau buku siswa hal 172 – 179
10.      Guru  menginformasikan  bahwa LK dapat terisi jika dikerjakan dengan cara kerja sama yang baik, tidak mementingkan  keinginan sendiri, dan  bertanggung jawab.

10 menit
Kegiatan inti

60 menit
1.         Merumuskan pertanyaan

1.       Guru membagi peserta didik menjadi beberapa kelompok yang terdiri dari 4-5 orang
2.         Peserta didik memperhatikan dan mengamati  LK yang diberikan guru (LK  berisi petunjuk untuk menemukan dan membuktikan suatu dilatasi termasuk pembesaran atau pengecilan.).
3.         Guru membimbing dan memberikan pertanyaan terkait dengan rotasi : Apa itu titik pusat dilatasi dan factor skala?

2.       Merencanakan
4.         Guru memberikan informasi terkait langkah-langkah pengumpulan dan menganalisis data terkait koordinat bayangan hasil dilatasi berdasarkan pembesaran atau pengecilan dengan cara  melengkapi tabel 
5.         Peserta didik melakukan , mengidentifikasi dan menganalisis LK yang diberikan dalam kelompok masing-masing berdasarkan intruksi yang ada dalam LK.


3.         Mengumpulkan data dan Menganalisis data

6.         Peserta didik  dalam kelompok melakukan pembuktian sesuai intruksi yang ada dalam LK :
·     Untuk menemukan koordinat bayangan hasil dilatasi berdasarkan pembesaran atau pengecilan
7.         Guru mengajukan pertanyaan terkait dengan pembuktian pertama dan mengarahkan serta memotivasi peserta didik untuk membuktikan kembali model yang lainnya
8.         Peserta didik dalam kelompok melakukan pengujian kembali dan mengolah data kembali dengan langkah yang sama


4.    Menarik kesimpulan
9.         Dengan bimbingan guru , peserta didik diarahkan untuk menarik simpulan-simpulan dari jawaban-jawaban yang didapat dari LK.



5.    Aplikasi dan tindak lanjut

10.      Peserta didik memeriksa secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya tentang penemuan koordinat bayangan hasil dilatasi berdasarkan perbesaran atau perkecilan  pada koordinat kartesius dari hasil data yang telah diolah.
11.      Perwakilan beberapa kelompok  mempresentasikan dengan membuat kesimpulan dari hasil penemuan tentang pembuktian koordinat bayangan hasil dilatasi berdasarkan perbesaran atau perkecilan  pada koordinat kartesius
12.      Guru dan peserta didik dari kelompok lain memberikan tanggapan hasil presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi , memberikan tambahan informasi ataupun tanggapan lainnya.


Kegiatan Penutup
Penutup
1.         Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan Guru yang sifatnya menuntun dan menggali
2.       Guru memberikan tugas mandiri sebagai pelatihan keterampilan dalam Menentukan koordinat bayangan hasil dilatasi berdasarkan perbesaran atau perkecilan pada koordinat kartesius
3.       Peserta didik diinformasikan materi untuk pertemuan berikutnya yaitu langkah-langkah mendapatkan bayangan benda hasil transformasi berulang
4.       Untuk memberi penguatan materi yang telah di pelajari, guru memberikan arahan untuk mencari referensi terkait materi yang telah dipelajari baik melalui buku-buku di perpustakaan maupun mencari di internet
10 menit

Pertemuan ke-5 (3 x 40 menit / 3 JP)  dengan menggunakan Problem Based Learning


Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan


Apersepsi dan Motivasi
1.         Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar ( meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.       Guru memberi salam dan mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.       Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dan  materi yang akan dibahas. yaitu 1) langkah-langkah mendapatkan bayangan benda hasil transformasi berulang
4.       Guru Mengingatkan kembali materi sebelumnya yaitu Menentukan hasil bayangan trasnformasi pencerminan, translasi, rotasi dan dilatasi secara umum.
5.       Guru bertanya dan meminta peserta didik mencari informasi tentang  1) Menentukan langkah-langkah mendapatkan bayangan benda hasil transformasi berulang dan peserta didik menjawab dengan prediksi masing- masing
6.       Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran
7.       Peserta didik menerima informasi tentang metode penilaian yang akan dilaksanakan yaitu penilaian (pengetahuan)
8.       Peserta didik menerima informasi tentang kegiatan pembelajaran yang  akan dilaksanakan yaitu dengan Model Problem Based Learning (diskusi kelompok dan latihan individu)
9.       Guru memberikan informasi bahwa untuk mengisi LK dengan  kegiatan diskusi kelompok, Peserta didik harus mengamati dahulu bahan ajar
10.   Guru  menginformasikan  bahwa LK dapat terisi jika dikerjakan dengan cara kerja sama yang baik, tidak mementingkan  keinginan sendiri, dan  bertanggung jawab.

10 menit
Kegiatan inti

60 menit
1.      Klarifikasi Masalah
1.         Guru  membagi  peserta  didik  menjadi  beberapa kelompok yang terdiri 4-5 orang
2.          Peserta didik memperhatikan dan mengamati bahan ajar yang diberikan guru, bahan ajar berisi (Alternatif 1) Menentukan bayangan hasil trasformasi berulang.
3.          Guru membagikan LK dan peserta didik membaca petunjuk dan mengamati LK( LK berisi tentang 1) Menentukan bayangan  hasil transformasi berulang
4.          Guru memotivasi peserta didik dalam kelompok untuk menuliskan dan menanyakan permasalahan hal-hal yang belum dipahami tentang  1) Menentukan bayangan hasil transformasi berulang dari  masalah yang disajikan dalam LK,
5.          Peserta didik  memperhatikan dan mengamati penjelasan yang diberikan guru yang terkait dengan permasalahan yang melibatkan cara Menentukan bayangan hasil transformasi berulang.

2.      Brainstorming
6.          Peserta  didik melakukan diskusi dalam kelompok masing-masing berdasarkan petunjuk yang ada dalam LK (dalam LK berisikan tentang Menentukan bayangan hasil transformasi berulang.)
7.          Peserta didik dalam kelompok melakukan Brainstorming dengan cara sharing informasi, dan klarifikasi informasi tentang  1) Menentukan bayangan hasil transformasi berulang

3.      Pengumpulan Informasi dan data)

8.         Peserta didik masing-masing kelompok membahas dan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah cara  Menentukan bayangan hasil transformasi berulang
9.         Guru  berkeliling mencermati peserta didik dalam kelompok dan menemukan berbagai kesulitan yang di alami peserta didik dan memberikan kesempatan untuk mempertanyakan hal-hal yang belum dipahami.
10.      Guru  memberikan bantuan kepada peserta didik dalam  kelompok  untuk  masalah-masalah  yang dianggap sulit oleh peserta didik
11.      Guru mengarahkan peserta didik dalam kelompok untuk menyelesaikan permasahan dengan cermat dan teliti

4.Berbagi Informasi  dan Berdiskusi  untuk menemukan Solusi penyelesaian Masalah
12.      Guru meminta peserta didik untuk mendiskusikan dan menyimpulkan cara yang digunakan dalam Menentukan bayangan hasil transformasi berulang  



5.   Presentasi Hasil Penyelesaian
13.      Beberapa  perwakilan  kelompok  menyajikan secara tertulis dan lisan hasil pembelajaran atau apa yang telah dipelajari pada tingkat kelas atau tingkat kelompok mulai dari apa yang telah dipahami  berkaitan  Menulis 1) Menentukan bayangan hasil transformasi berulang
14.      Peserta didik yang lain dan guru memberikan tanggapan   dan   menganlaisis   hasil   presentasi meliputi tanya jawab untuk mengkonfirmasi, memberikan tambahan informasi, melengkapi informasi ataupun tanggapan lainnya.

6.     Refleksi

15.     Peserta   didik   melakukan   refleksi,   resume   dan membuat        kesimpulan        secara        lengkap, komprehensif dan dibantu guru dari materi yang yang telah dipelajari terkait Menentukan bayangan hasil transformasi berulang  
16.      Guru memberikan apresiasi atas partisipasi semua peserta didik


Kegiatan Penutup
Penutup
1.         Peserta didik menyimpulkan materi yang telah dipelajari dengan merespon pertanyaan guru yang sifatnya menuntun dan menggali.
2.          Peserta didik merefleksi penguasaan materi yang telah dipelajari dengan membuat catatan penguasaan materi
3.          Untuk   memberi   penguatan   materi   yang   telah   di pelajari,   guru   memberikan   arahan   untuk   mencari referensi  terkait  materi  yang  telah  dipelajari  baik melalui  buku-buku di  perpustakaan atau  mencari  di internet.
4.          Peserta didik mendengarkan arahan guru untuk materi pada pertemuan berikutnya
5.          Guru memberikan tugas mandiri sebagai  pelatihan   dalam  1) Menentukan bayangan hasil transformasi berulang  
.
10 menit


Pertemuan Ke-6 (2 x 40 menit/2 jam Pel) (PjBL)
4.2.1 Mempraktekan materi  transformasi dengan menggunakan Jaring  koordinat.
Kegiatan
Uraian Kegiatan
Rencana Waktu
Pendahuluan

10 menit
Apersepsi dan Motivasi
1.        Peserta didik melakukan do’a sebelum belajar ( meminta seorang peserta didik untuk memimpin do’a)
2.         Guru memberi salam dan mengecek kehadiran peserta didik dan meminta peserta didik untuk mempersiapkan perlengkapan dan peralatan yang diperlukan
3.       Peserta didik menerima informasi tentang pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan materi yang memiliki keterkaitan dengan materi sebelumnya yaitu mengingat kembali cara Menentukan bayangan hasil pencerminan, translasi, rotasi dan dilatasi.
4.       Peserta didik menerima informasi tentang kompetensi, ruang lingkup materi, tujuan, manfaat, langkah pembelajaran,
5.       Peserta didik menerima informasi tentang metode penilaian yang akan dilaksanakan yaitu penilaian (keterampilan)
6.       Peserta didik menerima informasi tentang kegiatan pembelajaran yang  akan dilaksanakan yaitu Model PjBL dengan diskusi kelompok
7.       Guru memberikan informasi bahwa untuk mengisi LK dengan  kegiatan diskusi kelompok, Peserta didik harus kembali mengamati buku siswa  yang berhubungan dengan persamaan kuadrat
8.       Guru  menginformasikan  bahwa LK dapat terisi jika dikerjakan dengan cara kerja sama yang baik, tidak mementingkan  keinginan sendiri, dan  bertanggung jawab.


Kegiatan inti

60 menit
1.    Penentuan Projek
1.    Guru bersama dengan peserta didik menentukan tema  yaitu : Mempraktekan materi  transformasi dengan menggunakan Jaring  koordinat dari gabus.


2.         Perencanaan Langkah-langkah Penyelesaian projek



2.         Peserta didik membentuk kelompok satu kelompok 4-5 orang
3.          Peserta didik merencanakan pembagian tugas untuk mempraktekan hasil bayangan transformasi pencerminan, translasi, rotasi maupun dilatasi dengan menggunakan  jaring koordinat dari bahan gabus yang dibuat guru.
4.          Guru memberi arahan  cara menggunakan jaring koordinat untuk  mendapatkan hasil bayangan transformasi pencerminan.
5.          Setiap  kelompok mempraktekan materi transformasi pencerminan, translasi, rotasi dan dilatasi pada jaring koordinat , kemudian hasil prakteknya dicatat  pada tabel seperti berikut  ini:
No

Trasnformasi

Titik koordinat
asal
bayangan
1
Pencerminan sbx
2
Pencerminan sby


3
Pencerminan garis y = x


4
Pencerminan garis y = -x


5
Pencerminan garis y = h


6
Pencerminan garis x = h


7
Translasi melalui (a,b)


8
Rotasi 900 searah jarum jam


9
Rotasi 900 berlawanan arah jarum jam
10
Rotasi 1800 searah jarum jam
11
Rotasi 1800 berlawanan arah jarum jam
12
Dilatasi



6.         Peserta didik mengumpulkan hasil praktenya.

3.    Penyusunan Jadwal dan Pelaksanaan Projek
7.          Setiap anggota dari kelompok diskusi  melakukan praktek mencari bayangan hasil transformasi dengan menggunakan jaring koordinat yang sudah disediakn guru dari bahan gabus   dijadwalkan Pada 1 jam pelajaran  untuk semua kelompok.
8.             Peserta didik membuat hasil laporan praktenya  pengukuran benda 1 jam pelajaran teraskhir  untuk semua  kelompok


4.   Penyelesaian projek dengan fasilitas dan monitoring guru.
9.              Guru Memfasilitasi peserta didik dalam mempraktekan materi transfomasi untuk semua kelompok
10.          Guru Memfasilitasi peserta didik dalam membuat laporan mempraktekan materi transformasi untuk semua kelompok


5.     Penyusunan Laporan dan persentasi hasil projek

11.     Semua kelompok mempresentasikan di depan kelas atas hasil prakteknya materi transformasi untuk semua kelompok

6.     Evaluasi proses dan hasil projek

12.     Guru dan peserta didik pada akhir proses pembelajaran melakukan refleksi terhadap aktivitas dan hasil tugas praktek


Kegiatan Penutup
Penutup
1.         Peserta didik melakukan refleksi terhadap kegiatan pembelajaran yang telah dilakukan.
2.         Guru memberikan penghargaan kepada Peserta didik yang aktif mengikuti kegiatan pembelajaran dan mengingatkan peserta didik yang masih belum aktif dalam kegiatan pembelajaran
10 menit

1.    Jenis/Teknik Penilaian:
a.    Kompetensi Sikap Spiritual
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
 ( Catatan Jurnal)
Terlampir

Saat Pembelajaran Berlangsung( Pendahuluan)


b.    Sikap Sosial
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Observasi
( Catatan Jurnal)
Terlampir

Saat Pembelajaran Berlangsung( Pendahuluan)


c.     Kompetensi Pengetahuan
No
Teknik
Bentuk Instrumen
Contoh Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Tes Tulis
Uraian

Terlampir
Saat Pembelajaran Berlangsung
Tugas mandiri


d.    Kompetensi Keterampilan

No
Teknik
Bentuk Instrumen
Butir Instrumen
Waktu Pelaksanaan
Keterangan
1
Praktek
Mempraktekan materi  transformasi dengan menggunakan Jaring  koordinat
Tentukan bayangan koordinat hasil transformasi dari :
1)     Pencerminan sbx
2)     Pencerminan sby
3)     Pencerminan garis y = x
4)     Pencerminan garis y = -x
5)     Pencerminan garis y = h
6)     Pencerminan garis x = h
7)     Translasi melalui (a,b)
8)     Rotasi 900 searah jarum jam
9)     Rotasi 900 berlawanan arah jarum jam

Pada  PBM selama 2 jsm prlsjsrsn

2.         Pembelajaran Remedial
Berdasarkan hasil analisis ulangan harian, peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pembelajaran remedial dalam bentuk:
a.     Bimbingan perorangan jika peserta didik yang belum tuntas  20%
b.       Belajar kelompok jika peserta didik yang belum tuntas antara 20% dan 50%
c.     Pembelajaran ulang jika peserta didik yang belum tuntas  50%

3.         Pembelajaran Pengayaan
Berdasarkan hasil analisi penilaian, peserta didik yang sudah mencapai ketuntasan belajar diberi kegiatan pengayaan dalam bentuk penugasan untuk mempelajarai soal-soal.



Mengetahui,                                                                      Tangsel,   Juli  2019
Kepala SMP Negeri  Tangsel                                            Guru Mata Pelajaran




................................                                                           ......................................
NIP.                                                                                   NIP.

    Blogger Comment

0 komentar: